Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 24 Oktober 2011

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

Def KOMPUTER :
Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :
  1. Perbankan          7.   Seni
  2. Perdagangan       8.   Penelitian
  3. Industri               9.   Rekreasi
  4. Transportasi       10.  Hankam
  5. Rumah Sakit       11. Komunikasi
  6. Pendidikan
Bidang Perbankan
  • Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)
  • Penyimpanan data
  • Pemrosesan transaksi secara on-line
  • Pembayaran tagihan secara on-line
Bidang Perdagangan
  • Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.
  • Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).
  • Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain
  • Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
Bidang Industri
  • CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas
  • CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll
  • Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.
Bidang Kedokteran
  • Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
  • CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak.
  • Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus.
  • Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS
  • Mengelolaan persediaan obat-obatan.
Bidang Pendidikan
  • CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.
  • CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.
  • Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.
Bidang Seni
  • SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano.
  • Untuk proses penciptaan lagu.
  • Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.
Bidang Penelitian Science
  • Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.
  • Penelitian ruang angkasa
  • Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.
Bidang Rekreasi
  • Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
  • Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer
Bidang Hankam
  • Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.
  • Untuk simulasi perang atau terbang
Bidang Komunikasi
  • Telekomunikasi yaitu teleconference.
  • E-mail, voice mail dll
  • Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.
Isyu Sosial
Dampak Positif
  • Komunikasi yang lebih baik.
  • Transportasi data yang cepat & aman.
  • Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
  • Efisiensi tenaga kerja
Dampak Negatif
  • Manusia tergantung dengan komputer.
  • Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
  • Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.





0 komentar:

Posting Komentar