Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 01 Mei 2011

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BISNIS

Pertemuan : I
Dosen        : Era Era Hia
Pengertian Bisnis (perusahaan) :
Suatu badan hukum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan pelanggan.
A. Pemegang Kepentingan Utama (stakeholders) Dalam Bisnis
  1. Pemilik (wiraswasta/entrepreneurs) :
    Orang yang mengorganisasi, mengelola dan siap mengambil resiko.
    • Saham : Sertifikat kepemilikan suatu perusahaan
    • Pemegang saham : Investor yang ingin menjadi pemilik sebagian dari perusahaan.
  2. Kreditor : Institusi keuangan atau individu yang memberikan pinjaman.
  3. Karyawan / Manager
  4. Pemasok
  5. Pelanggan
B. Pengaruh Teknologi Dalam Menciptakan Bisnis
Teknologi                : Pengetahuan/alat yang dipergunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Teknologi Informasi : Teknologi yang bisa mendapatkan informasi untuk dipergunakan dalam menghasilkan
                                 barang dan jasa.
             Contohnya : bisnis elektronik (e-business) atau komersial elektronik (e-commerce).
Pengaruhnya ??

C. Fungsi yang Terlibat Dalam Operasi Bisnis :
# Manajemen : Bagaimana karyawan dan sumber daya lainnya digunakan oleh perusahaan.
  • Perlengkapan mesin apa yang diperlukan ?
  • Berapa kebutuhan karyawan?
  • Bagaimana memotiviasi karyawan?
# Pemasaran : Bagaimana produk dikembangkan, diberi harga, didistribusikan dan dipromosikan kepada
                      pelanggan.
  • Berapa harga yang harus dikalkulasikan untuk produk?
  • Perlukah iklan atau tidak?
# Keuangan : Bagaimana prs mendapatkan dana dan menggunakannya.
  • Perlukah meminjam dana?
  • Haruskah menjual saham?
# Akuntansi : Ringkasan dan analisis dari keuangan prs.
Sistem informasi : TI, masy., dan prosedur.

D. Rencana Untuk Memulai Suatu Bisnis
Rencana Bisnis : Suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk didalamnya deskripsi bisnis, jenis
                          pelanggan, persaingan dan fasilitas.

Langkah-langkah Merencanakan Bisnis :
  1. Putuskan untuk mendirikan bisnis
  2. Analisis Kekuatan dan kelemahan anda
  3. Pilihlah sebuah produk atau jasa
  4. Laksanakan riset pasar
  5. Taksir bagian pasar yang potensial
  6. Pilih lokasi perusahaan
  7. Siapkan rencana keuangan
  8. Siapkan rencana produksi
  9. Siapkan rencana manajemen
  10. Siapkan rencana pemasaran
  11. Pinjam dana untuk memulai



    0 komentar:

    Posting Komentar