Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Juni 2011

KLASIFIKASI SISTEM

          KLASIFIKASI SISTEM  ( 1 )
  1. DETERMINISTIK SISTEM.
    Sistem dimana operasi-operasi (input/output) yang terjadi didalamnya dapat ditentukan/ diketahui dengan pasti.
    Contoh : Program komputer, melaksanakan secara tepat sesuai  dengan rangkaian instruksinya.Sistem penggajian.
  2. PROBABILISTIK SISTEM.
    Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi output yang dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti; (Selalu ada sedikit kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem).
    Contoh : Sistem penilaian ujian, Sistem pemasaran. 
     

    KLASIFIKASI SISTEM (2)
  3. OPEN SISTEM.
    Sistem  yang  mengalami  pertukaran  energi,  materi  atau  informasi  dengan lingkungannya. Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya.
    Contoh : Sistem   keorganisasian   memiliki   kemampuan   adaptasi. (Bisnis   dalam menghadapi persaingan dari pasar yang berubah. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersingkir)

    KLASIFIKASI SISTEM (3)

  4. CLOSED SISTEM.
    Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut. Contoh : - reaksi kimia dalam tabung berisolasi dan tertutup.

    KLASIFIKASI SISTEM (4) 
  5. RELATIVELY CLOSED SISTEM.
    Sistem yang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima pengaruhpengaruh lain. Sistem ini dalam operasinya dapat menerima pengaruh dari luar yang sudah didefinisikan dalam batas-batas tertentu
    Contoh : Sistem komputer.  (Sistem  ini  hanya  menerima  masukan  yang  telah  ditentukan sebelumnya, mengolahnya dan memberikan keluaran yang juga telah ditentukan sebelumnya. tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem).

    KLASIFIKASI SISTEM (5) 
  6. ARTIFICIAL SISTEM.
    Sistem yang meniru kejadian dalam alam. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam di mana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada di alam.
    Contoh : Sistem AI, yaitu program komputer yang mampu membuat computer seolah-olah berpikir.
    Sistem robotika. Jaringan neutral network.
     
  7. NATURAL SISTEM.
    Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam.
    Contoh : - laut, pantai, atmosfer, tata surya dll.

    KLASIFIKASI SISTEM (6) 
  8. MANNED SISTEM.
    Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikut sertaan manusia. Sistem ini dapat digambarkan dalam cara-cara sebagai berikut :
     1.  Sistem manusia-manusia.
          Sistem yang menitik beratkan hubungan antar manusia.
    2.  Sistem manusia-mesin.
         Sistem yang mengikutsertakan mesin untuk suatu tujuan.
    3.  Sistem mesin-mesin.

    KLASIFIKASI SISTEM (7)
    Sistem yang  otomatis  di  mana  manusia  mempunyai  tugas  untuk  memulai  dan mengakhiri sistem, sementara itu manusia dilibatkan juga untuk memonitor sistem.
    Mesin   berinteraksi   dengan   mesin   untuk   melakukan   beberapa   aktifitas. Pengotomatisan ini menjadikan bertambah pentingnya konsep organisasi, dimana  manusia dibebaskan dari tugas-tugas rutin atau tugas-tugas fisik yang berat.

    KLASIFIKASI SISTEM (8)
    Perancang sistem lebih banyak menggunakan metode " Relatively Closed dan  Deterministik  Sistem  ",  karena  sistem  ini  dalam  pengerjaannya  lebih  mudah meramalkan hasil yang akan diperoleh dan lebih mudah diatur dan diawasi.
    Contoh : Pada bidang sistem informasi, faktor komputer dan program computer biasanya " Relatively Closed dan Deterministik ", tetapi faktor manusia sebagai pengelolanya adalah " Open dan Probabilistik Sistem ".
    Dosen : Yakub, S.Kom., M.Kom., MM

0 komentar:

Posting Komentar